Inovasi

Inovasi Pengadilan Agama Banjarbaru

 

Antrian Sidang Melalui Whatsapp

Untuk memberikan kemudahan akses bagi pencari keadilan di dalam memperoleh pelayanan khususnya berkenaan dengan proses persidangan, Pengadilan Agama Banjarbaru membuat inovasi berupa antrian sidang melalui whatsapp. Hal ini dilakukan karena banyaknya keluhan dari para pencari keadilan saat menunggu giliran sidang yang membuat mereka merasa jenuh.

Dengan hadirnya aplikasi ini, pencari keadilan dapat mendaftar antrian sidang sehari sebelum hari sidang sehingga para pencari keadilan tidak lagi menunggu lama sebelum sidang dimulai dan mereka bisa  memperkirakan jam berapa datang ke pengadilan.

 

 

Antrian Pelayanan

Begitu pula bagi para pencari keadilan yang ingin memperoleh layanan dari pengadilan Agama Banjarbaru, baik dalam hal informasi, pendaftaran dan pengambilan produk, di mana terjadi pihak pencari keadilan dating belakangan namun ingin mendapat layanan lebih dahulu sehingga membuat pihak yang datang lebih awal merasa dirugikan.

Berangkat dari kejadian tersebut, Pegadilan Agama Banjarbaru termotivasi untuk menyediakan mesin antrian pelayanan dan Alhamdulillah setelah inovasi ini diterapkan, kejadian-kejadian tersebut tidak terulang lagi dan pelayanan terlihat semakin tertib dan teratur.

 

PTSP

Layanan yang tidak kalah pentingnya adalah Pelayanan terpadu Satu Pintu (PTSP), di mana dahulu pelayanan bagi para pencari keadilan dilaksanakan dengan sistem loket dan tidak terintegrasi sehingga memungkinkan timbulnya gratifikasi dari pencari keadilan kepada petugas pelayanan.

Dengan sistem PTSP ini kemungkinan adanya gratifikasi dapat dihindari secara maksimal karena seluruh aktifitas pelayanan dilakukan secara terbuka dan terintegrasi dengan para pencari keadilan.

 

 

Aplikasi Kendali Produk

Menumpuknya akta cerai yang belum diambil oleh para pihak membuat sulitnya mendeteksi berapa jumlah akta cerai yang sudah atau belum diambil.

Dengan adanya aplikasi kendali produk ini sangat memudahkan kami mengetahui berapa sisa akta cerai dan siapa saja pihak yang belum mengambilnya sehingga kami bisa memberitahukan kepada pihak yang belum mengambil akta cerainya agar segera datang ke Pengadilan Agama Banjarbaru untuk mengambil akta cerainya. Selain itu, aplikasi ini akan memudahkan kami juga dalam membuat laporan bulanan akta cerai karena semuanya sudah dilakukan secara elektronik termasuk tandatangan para pihak yang telah mengambil produk.

Rekaman Audio Himbauan Anti Gratifikasi

Salah satu wujud dalam mencanangkan zona integritas Pengadilan Agama Banjarbaru telah membuat rekaman audio yang berisi himbauan agar tidak melakukan tindakan gratifikasi baik kepada petugas pelayanan maupun kepada seluruh aparatur Pengadilan Agama Banjarbaru. Rekaman tersebut secara otomatis diperdengarkan melalui speaker ruang tunggu pelayanan dan ruang tunggu sidang setiap satu jam dimulai dari pukul 08.00 pagi sampai dengan jam pulang kerja dan itu berlangsung setiap hari.

Himbauan ini dalam rangka perwujudan Pengadilan Agama Banjarbaru sebagai wilayah yang bebas dari perilaku koruptif dan wilayah birokrasi bersih melayani.

 

Survey Kepuasan Masyarakat (SKM) Harian

Meskipun Survey Kepuasan Masyarakat (SKM) telah dilakukan setiap tahun namun untuk mengetahui sejauh mana tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan oleh Pengadilan Agama Banjarbaru, maka kami terinspirasi membuat SKM harian sebagai bentuk komitmen kami dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada pencari keadialan.

Dengan adanya SKM harian ini, kami dapat mengevaluasi pelayanan yang telah kami berikan setiap hari sehingga ke depannya pelayanan yang kami berikan bisa lebih baik lagi.

 

11 Inovasi Badilag

 

 


                                                    w3c html 5 w3c wai AAA